An article cover
Tips dan Trik
23 Sep 2019

Mengakali Biaya Transfer Uang Antar Negara Dengan Jenius dan TransferWise

Internet membuat batas antar negara seakan tidak ada. Walaupun tinggal di Indonesia, kita bisa mencari peluang-peluang bisnis dan pasar-pasar baru di luar Indonesia untuk memasarkan produk. Seperti saya yang memanfaatkan Estonia e-Residency untuk membangun perusahaan di Eropa. Tentu saja memiliki bisnis di luar negeri artinya harus berurusan dengan mata uang asing. Untuk kasus saya, saya harus berurusan dengan mata uang Euro dan kadang-kadang US Dollar.

Situasi saya saat ini:

  • Rekening bisnis berada di bank di Estonia.
  • Rekening pribadi berada di Indonesia. Rekening pribadi ini digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Ada dua situasi pengiriman uang yang selalu saya hadapi semenjak bisnis ini berdiri tahun 2017:

  1. Bagaimana cara mengirimkan uang dari rekening bisnis di Estonia ke rekening pribadi di Indonesia untuk biaya hidup?
  2. Bagaimana cara mengirimkan uang dari rekening pribadi di Indonesia ke rekening bisnis di Estonia?

Situasi nomor satu mudah dimengerti lah, lalu mengapa bisa ada situasi nomor dua? Ini agak rumit. Biasanya disebabkan oleh:

  1. Ada pembayaran yang masuk via PayPal. PayPal saya menggunakan akun Indonesia dan hanya bisa melakukan penarikan ke akun bank di Indonesia. Kenapa kok tidak bikin saja akun PayPal Estonia? Karena tidak bisa. Akun PayPal dibuat berdasarkan lokasi di mana kita tinggal. Penggunaan VPN tidak disarankan, karena kalau ketahuan bisa-bisa akun PayPal saya diblokir.
  2. Kebetulan ada klien dari lokal dan mereka hanya mau bayar via transfer bank ke bank lokal. Jadi untuk kepentingan pembukuan dan juga membayar vendor di Estonia saya harus kirimkan uang ini dari bank pribadi di Indonesia ke akun bisnis di Estonia.

Jadi bagaimana cara mengirimkan uang antar negara? Cara paling mudah adalah ya langsung saja transfer antar bank.

APAAA? MUDAAAH?

Ngga ding, saya bohong 🙈🙈 Wire transfer bank antar negara itu selain lama sampainya (bisa sampai 3 hari kerja) juga mahal. Dulu waktu awal-awal bisnis, saya selalu pakai wire transfer. Paling tidak saya bisa bayar biaya transfer sekitar Rp300.000-Rp400.000 per sekali transfer.

Untuk mengirimkan uang dari Estonia ke Indonesia sih enak saya tinggal buka Internet banking dan kirim, tapi sebaliknya dari Indonesia ke Estonia saya harus ke kantor bank. Mengantre, mengisi formulir, menyerahkan KTP, dan bayar biaya materai. Hiduplah Indonesia Raya! 🤗 Baik kirim dari Estonia, maupun dari Indonesia biasanya membutuhkan waktu 2-3 hari kerja. Hingga akhirnya saya menemukan TransferWise di mana biaya transfer yang saya bayar hampir sekitar 10x lipat lebih murah daripada pakai wire transfer bank.

Apa itu TransferWise?

TransferWise adalah perusahaan fintech yang berdiri sejak 2011 dan memiliki layanan mengirim uang antar negara dengan biaya rendah dan cepat. Pendiri perusahaan ini adalah orang Estonia yang tinggal di Inggris. Sejarah berdirinya karena si pendiri merasakan bagaimana mahalnya dia mengirimkan uang dari Inggris ke Estonia untuk membayar mortgage lewat transfer bank biasa. Bisa baca sejarah awalnya di sini.

Bagaimana TransferWise mengakali masalah biaya ini? Prinsipnya adalah mereka memiliki banyak akun bank dengan saldo memadai di berbagai negara. Sehingga ketika pengguna mendaftar di TransferWise, pengguna juga dapat memiliki banyak akun dalam berbagai macam mata uang. Supaya mudah dipahami, saya akan memakai kasus saya bagaimana saya mengirimkan uang dari Estonia ke Indonesia.

Anggap lah saya mengirimkan 100€. Maka susunannya kira-kira akan seperti ini.

Sistem TransferWise

Sampai sini semoga jelas ya, mengapa TransferWise bisa sangat murah dan cepat hanya dalam hitungan menit untuk mengirim dari Estonia ke Indonesia.

Nah, masalah baru lagi akan muncul di situasi sebaliknya. Mengirim uang dari Indonesia ke Estonia (transfer ke luar negeri). Mengapa? Masalahnya adalah TransferWise tidak menyediakan layanan untuk mengirim uang Rupiah ke mata uang lain. Jadi kita hanya bisa menerima bayaran dari luar tanpa bisa mengirim ke luar. Mungkin ada regulasi yang harus dipenuhi oleh TransferWise ke Bank Indonesia jika mau mengadakan layanan pengiriman tersebut.

Mari berkenalan dengan Jenius

Jenius adalah layanan perbankan dari PT Bank BTPN (Bank Tanpa Papan Nama Bank Tabungan Pensiunan Nasional.) Sebetulnya memang benar kalau disebut tanpa papan nama, karena Jenius ini merupakan layanan yang operasionalnya hanya dari aplikasi di ponsel pintar dan kartu debit. Kita bisa menabung, mengatur keuangan, membayar tagihan, dan membayar transaksi online baik di dalam maupun di luar negeri. Jenius sendiri secara resmi tidak memiliki layanan untuk melakukan transfer antar negara. Hal ini bisa dilihat di FAQ mereka.

Tetapi…drum roll

Dengan mengkombinasikan Jenius dengan TransferWise kita bisa transfer ke luar negeri dengan biaya super rendah tanpa harus mengantre ke bank. Di gambar ini lah rahasianya. Ternyata kita bisa mendepositkan mata uang Euro dengan menggunakan kartu debit Visa/Mastercard. Kartu debit Jenius menggunakan Visa.

Debit Card

Kamu bisa lihat di gambar di atas, untuk mengirim 41€ dari Indonesia biayanya HANYA 0,14€. Jauh sekali dibandingkan wire transfer secara tradisional yang bisa menghabiskan Rp300.000-Rp400.000. Jadi skema pengirimannya akan seperti ini kira-kira.

Sistem Jenius

Oh, iya, karena kartu debit Jenius ini menggunakan mata uang Rupiah, jadi TransferWise memberikan biaya tambahan untuk melakukan konversi dari Rupiah ke Euro. Biayanya tetap saja murah 1,23€. Jadi total biaya transfer untuk 41€ adalah 1,37€. Sangat jauh bukan dibanding transfer bank tradisional.

Biaya tambahan

Kesimpulan

TransferWise memiliki kemampuan untuk mengirim uang dengan biaya murah ke 59 negara termasuk Indonesia dan cepat hanya dalam hitungan menit (selama dilakukan saat hari kerja.) Sedangkan Jenius memberi kemudahan untuk membayar transaksi di merchant luar negeri. Catatan penting:

  1. Pastikan setelah membuat akun di TransferWise, kamu membuka balance untuk mata uang Euro. Karena saat ini hanya balance Euro yang bisa di-top up dengan menggunakan debit Visa/Mastercard. Semisal tujuan transfermu adalah bank di Amerika Serikat, kamu bisa kirim USD dari balance Euro dengan biaya yang masih tetap rendah.
  2. Kartu Jenius yang dapat digunakan di TransferWise adalah m-Card (kartu utama) karena saya sudah coba menggunakan e-Card (kartu virtual) dan selalu ditolak oleh sistem.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman yang memiliki urusan bisnis di luar negeri atau mengirimkan uang ke kerabat di luar negeri.

Bagikan konten ini
comments powered by Disqus
Icon